Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemungkinan Yang Terjadi Jika Populasi Ulat Pada Ekosistem Sawah Berkurang Adalah

Kemungkinan yang terjadi jika populasi ulat pada ekosistem sawah berkurang adalah

Kemungkinan yang terjadi jika populasi ulat pada ekosistem sawah berkurang adalah

Ketika populasi ulat mengalami kepunahan, dapat mengakibatkan ketidakstabilan jaring-jaring makanan. Hal ini terjadi karena populasi burung yang memakan ulat akan menurun sehingga menyebabkan populasi ular juga akan menurun.

Apa yang terjadi jika dalam ekosistem sawah populasi ular menurun?

Populasi ular yang menurun akan berakibat pada meningkatnya populasi tikus. Jika jumlah tikus meningkat maka tanaman padi akan terganggu akibat banyaknya hama dan tikus. Dengan terganggunya pertumbuhan dari tanaman padi maka akan menghambat panen padi.

Apabila pada ekosistem sawah tidak ada ular coba jawab Hal Hal Yang Akan Terjadi Berikut ini apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?

b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut? Jawaban: Apabila ular enggak ada, maka populasi elang akan menurun, karena elang merupakan predator dari ular. Jika ular enggak ada, maka elang akan kesulitan mendapatkan makanan dan bertahan hidup.

Apa yang akan terjadi jika populasi tikus dan ulat berkurang?

Jawaban: Jika populasi tikus berkurang, maka sebagian orang di beberapa daerah bakal kekurangan protein yang didapat dari tikus, dan jika populasi ulat berkurang, maka manusia akan kekurangan serat yang dihasilkan oleh ulat.

Apa saja yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut?

Jawaban: Hal yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah adalah pemberantasan hama atau serangga, perburuan katak, perburuan elang dan penanaman padi tahan hama. Komponen abiotik ekosistem sawah antara lain air, udara, cahaya matahari, tanah, dan suhu.

Apa dampak yang di timbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pada ekosistem sawah tersebut?

Dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian adalah menurunnya konsumen. Dengan menurunnya konsumen akan mempengaruhi konsumen pada tingkat selanjutnya.

Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut 5 komponen abiotik yang ada?

5 komponen abiotik yang ada di sawah antara lain cahaya matahari, tanah, bebatuan, udara, dan air.

Apa yang terjadi jika populasi tikus menurun di sawah?

Dalam jaring-jaring makanan tersebut jika populasi tikus menurun, maka mengakibatkan gangguan dan ketidakseimbangan dalam ekosistem. Akibatnya, tanaman padi akan meningkat populasinya, sementara ular yang makananya tergantung pada tikus maka populasinya akan menurun.

Pada rantai makanan di sawah Apa yang akan terjadi jika populasi tikus menurun?

Dalam jaring-jaring makanan, jika populasi tikus menurun maka akan mengakibatkan gangguan atau ketidakseimbangan dalam ekosistem. Populasi padi akan meningkat, sedangkan populasi burung hantu akan menurun.

Jika populasi tikus mengalami pengurangan jumlah apa yang terjadi pada populasi padi dan elang?

Apabila populasi tikus mengalami penurunan yang akan terjadi adalah populasi padi meningkat,populasi ular dan elang menurun.

Apa yang akan terjadi jika populasi serangga berlebihan pada ekosistem sawah bagaimana solusi cara mengatasinya?

Populasi serangga yang berlebihan akan menyebabkan produsen akan menjadi berkurang. Berkurangnya produsen akan menyebabkan produktivitas sawah berkurang. Solusi mengatasinya adalah dengan mengontrol jumlah serangga seperti menggunakan predator alami atau menggunakan pestisida dengan jumlah terukur.

Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena bencana alam banjir?

Jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya banjir adalah tidak terjadi rantai makanan pada ekosistem tersebut. Jika tidak segera ada cara pemulihan produsen maka ekosistem akan mengalami kepunahan.

Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?

Hal yang akan terjadi terhadap populasi elang yang ada di ekosistem sawah jika di ekosistem tersebut tidak ada ular adalah populasi elang akan menurun atau bahkan populasi elang menjadi punah di ekosistem tersebut. Hal ini karena ular merupakan sumber makanan bagi elang.

Apa dampak negatif pertanian terhadap lingkungan?

Irigasi berlebihan menyebabkan polusi air karena tercucinya pupuk dan pestisida dari tanah pertanian ke ekosistem sekitar. Arus permukaan yang tidak diatur dengan baik mampu menyebabkan pencemaran air tanah dan air permukaan.

Mengapa padi serangga katak ular dan elang dapat hidup di satu tempat yang sama yaitu ekosistem sawah Jelaskan jawaban anda berdasarkan gambar berikut?

Jawaban: Padi, serangga, katak, ular, dan elang dapat hidup di satu tempat yang sama, (dalam hal ini sawah) dikarenakan adanya hubungan yang saling membutuhkan satu sama lain, atau lebih tepatnya dapat dikatakan sebagai simbiosis.

Dimana aktivitas pertanian yang banyak terjadi?

Di daerah dataran, banyak dijumpai lahan subur karena biasanya berupa tanah aluvial atau hasil endapan sungai yang subur. Di daerah dataran rendah, penduduk mudah melakukan pergerakan atau mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya. Di daerah perbukitan, pada umumnya aktivitas pertanian adalah pertanian lahan kering.

Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut brainly?

Jawaban terverifikasi ahli Komponen abiotik yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem sawah yaitu tanah, air, udara, cahaya matahari dan suhu.

Jika para petani melakukan pemberantasan serangga apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak?

Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan! Populasi padi akan meningkat karena pemangsanya berkurang, sedangkan populasi katak akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang.

Bagaimana interaksi antara padi dan kerbau dengan komponen abiotik dalam ekosistem sawah?

Jawaban. hubungannya di sawah, kerbau dan padi sama-sama memerlukan Air untuk minum dan mengisi nutrisi pada padi. serta padi dan kerbau membutuhkan tanah lumpur untuk hidup dan mendinginkan kulit kerbau yang panas.

Mengapa berburu ular di sawah dapat mengganggu ekosistem sawah?

Misalnya saja ular yang diburu, maka populasi tikus akan semakin bertambah dan akan terus memakan padi-padi di sawah. Oleh karena itu bisa menyebabkan banyaknya padi yang gagal panen dan mengakibatkan kekurangan bahan pangan yang penting untuk manusia itu sendiri.

11 Kemungkinan yang terjadi jika populasi ulat pada ekosistem sawah berkurang adalah Images

Irene remini  Selebritas Gadis cantik Gadis

Irene remini Selebritas Gadis cantik Gadis

Pin di meme expression  Gambar lucu Humor lucu Meme lucu

Pin di meme expression Gambar lucu Humor lucu Meme lucu

Pin by kamupunyaku on Jaehyun NCT  Jaehyun nct Jaehyun Nct

Pin by kamupunyaku on Jaehyun NCT Jaehyun nct Jaehyun Nct

Ron Weasley

Ron Weasley

 on Twitter  Hendery wayv Nct Nct dream

on Twitter Hendery wayv Nct Nct dream

Manusia bermimpi Allah menguji Punya mimpi Sangat ingin mewujudkannya

Manusia bermimpi Allah menguji Punya mimpi Sangat ingin mewujudkannya

Pin by Tati Lito on Photo2  Jaehyun nct Jaehyun Nct

Pin by Tati Lito on Photo2 Jaehyun nct Jaehyun Nct

rantai makanan  Food chain Food chain worksheet Food chain activities

rantai makanan Food chain Food chain worksheet Food chain activities

Most Handsome KPop Male Idols  EXO  Kai Kim Jong In  kpop K

Most Handsome KPop Male Idols EXO Kai Kim Jong In kpop K

jungkooks adopted brother on Instagram Commission

jungkooks adopted brother on Instagram Commission

Post a Comment for "Kemungkinan Yang Terjadi Jika Populasi Ulat Pada Ekosistem Sawah Berkurang Adalah"